Laporan Minggu Ke 5

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE


Tujuan


                Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

Alat


1. Adobe Illustrator CC
2. Maxon Cinema 4D R16

Bahan


1. Hasil praktikum sebelumnya

Dasar Teori


Camera Depth


       Adalah salah satu fitur pengaturan camera pada Cinema 4D yang dapat membuat suatu ketajaman pada objek.

Multipass Rendering


              Adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass rendering memiliki banyak kelebihan dibandingkan single pass rendering, memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang jauh lebih baik atas tampilan akhir dari adegan, dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu rendering adegan sekaligus.

DOF


              Adalah rentang jarak yang dimiliki subjek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman/fokus pada foto yang dihasilkan. Secara harfiah, arti Depth of Field berarti kedalaman ruang. Hasil DOF bervariasi tergantung pada jenis kamera dan aperture dan jarak fokus.

Compositing


                Adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama.

Tugas


Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:

1. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
2. Import masing-masing image sequences ke AE.
3. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

Petunjuk Pratikum


Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

CAMERA DEPTH


MULTI PASS RENDER


Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur



Hasil Praktikum


Screenshoot




Kesimpulan

                Pada minggu ini saya masih sebagian besar melanjutkan pada praktikum sebelumnya namun laporan praktikum masih belum diselesaikan. pada pengerjaan kamera depth saya mengalami sedikit kesulitan karena tidak terlihat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi efek kamera depth.

Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 13 - Project Animatics Komunitas SEMUT PENS

Prak 03 – Membreakdown Animasi