1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D
3. Bahan
Logo Apple
*sumber : http://osxdaily.com/2010/10/15/carve-an-apple-logo-pumpkin/
*sumber : http://osxdaily.com/2010/10/15/carve-an-apple-logo-pumpkin/
4. Dasar Teori
Animasi 2D
Pengertian animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang memakai lingkungan dua dimensi. Setiap gambar ini memiliki urutannya tersendiri yang akhirnya membuat frame berlatar dua dimensi.
Contohnya : Naruto, Dragon Ball, Dll
Animasi 3D
Animasi 3 dimensi adalah pengembangan dari animasi 2d. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.
Contohnya : Cars, Toy Story, Monster Inc, Dll. Disini kita bisa melihat perbedaan visual jika dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).
Tracing
Berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan bisa berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa.
Adobe Flash vs Cinema 4D
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajat karena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 derajat dari logo favorit kalian
6. Petunjuk Praktikum
- Tracing logo di Illustrator
- Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file Illustrator
- Membuat animasi 360 derajat
- Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
http://www.mohhasbias.com/prak-01-logo-3d-360-turn-table-animation/
7. Hasil Praktikum
Hasil render
Screen Record
8. Kesimpulan
Pada praktikum ini langkah awal dimulai dengan mencari logo yang akan kita animasikan 3 dimensi. Setelah mendapat logo, langkah berikutnya adalah tracing. Pada proses tracing ini saya menggunakan Adobe Illustrator CC. Usahakan tracing sedetail mungkin agar bentuknya sama persis dengan logo yang kita gunakan. Setelah melalui proses tracing, maka logo kita save dengan mengganti versi file menjadi Illustrator 8. Setelah itu impor file AI tersebut ke dalam aplikasi Cinema 4D. Untuk menjadikannya 3D menggunakan fungsi menu extrude yang ada di toolbar dan memasukkan path ke extrude tersebut. Setelah itu logo dianimasikan memutar 360 derajat. Kunci keyframe dari awal hingga akhir untuk menyimpan pergerakan memutar logo tersebut. Dalam proses ekspor terdapat beberapa pilihan, misal : ekspor menjadi video langsung, dan ekspor menjadi image sequences. Namun dalam praktikum ini saya langsung mengubahnya ke video karena time lapse sequence hanya ada di MacOS.
9. Referensi
1. http://osxdaily.com/2010/10/15/carve-an-apple-logo-pumpkin/
2. Pengertian Animasi 2D dan 3D Beserta Perbedaannya Lengkap!, https://www.rumahulin.com/pengertian- animasi
3. http://oprekzone.com/cara-menggambar-clean-up-dan-sisip-2/
Komentar
Posting Komentar